Ramadhan WritingProject #5: Ghumaisha binti Mahlan

 

Banyak yang belum mengetahui siapa sebenarnya Ghumaisha binti Mahlan. Ia lebih dikenal dengan nama kunyahnya, yaitu Ummu Sulaim. Amal istimewa yang menjadikannya mendapatkan jaminan surga adalah sisi romantis dan kesabarannya terhadap suami, seperti yang dijelaskan dalam sirah shahabiyah.

Ceritanya, suami Ummu Sulaim, Abu Thalhah akan berangkat berjihad meski anaknya tengah sakit demam, yang pada akhirnya malah meninggal. Ummu Sulaim pantas menjadi salah satu wanita yang dijamin masuk surga karena ketabahan dan kesabarannya saat kehilangan. Waktu suaminya pulang, disambutnya sang suami dengan penuh cinta tanpa menunjukkan rasa sedihnya. Seperti biasa, ia melayani suaminya lebih dulu setelah berlelah-lelah berjihad dan ketika suaminya bertanya akan keadaan anaknya, Ummu Sulaim mengatakan bahwa anaknya sudah tenang.

Baru keesokannya ia bertanya pada sang suami, apa yang akan dilakukan apabila ada yang menitipkan barang lalu barang tersebut akan diambil oleh sang empunya. Suami pun menjawab bahwa barang tersebut harus dikembalikan. Dari situlah Ummu Sulaim memberi tahu suaminya bahwa anak mereka yang merupakan titipan Allah telah diambil oleh-Nya. Abu Thalhah tidaklah marah kepada istrinya, namun karena kaget yang bukan kepalang, dan merasa tidak puas sehingga beliau melakukan pengaduan ke Rasulullah. Dari kejadian inilah jaminan masuk surga itu diberikan kepada Ummu Sulaim. Rasulullah SAW bahkan memberi pujian akan sikap Ummu Sulaim yang penuh kasih sayang dan sangat sabar itu. Akhirnya, Allah pun memberkahi keduanya dengan 9 orang anak yang semuanya bisa menghafal Al-Qur’an.

Sumber: Kun Anta

*MasyaaAllah… Semoga saya dan kita semua bisa meneladani akhlak mulia Ummu Sulaim. Sabar dan romantis (noted banget ini), hoho.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s