Cerita Icha · Cerita Travelling · Uncategorized

Turki Hari #3 “Ephesus”

Kami sampai di Selcuk pukul 8 pagi. Bersyukur, jarak penginapan kami dari terminal bus sangat dekat. Cukup hanya berjalan kaki, walaupun di tengah mencari penginapan kami sempat tersesat. Setelah bertemu dengan owner dan diberikan kunci kamar, tanpa pikir panjang kami langusng merebahkan tubuh di kasur. Meskipun selama perjalanan 12 jam kami (berusaha) tidur, tapi tetap saja perjalanan ini terasa melelahkan sekali terutama di  bagian punggung dan kaki. Setelah istirahat kurang lebih 2 jam, kami pun mandi dan siap-siap untuk ke Ephesus. Kami berangkat dari hotel pukul 10.30 pagi dan mencari sarapan. Kebetulan tiket untuk pergi ke Ephesus bisa didapatkan di agen travel di terminal. Pilihan jamnya banyak sekali, sehingga kita pun tak perlu khawatir kehabisan tiket. Kami berangkat dengan mobil sejenis van yang muat sekitar 10-12 orang dengan jarak tempuh tidak sampai 20 menit.

DSC_0154
abang-abang nya lagi menyiapkan makanan

Setelah sampai di Ephesus, kami harus membayar tiket masuk seharga 20 TL per orang (1 TL= 5500). Ephesus adalah sebuah desa peninggalan bangsa Yunani yang kemudian sempat jatuh dan dikuasai oleh Romawi pada 88 SM,  berkembang pesat menjadi sebuah kota pada masa kepemimpinan Lysimachia. Efes (atau Ephesus dalam bahasa Turki) sangat terkenal dengan kemegahannya dan menjadi salah satu kejaiban duni pada jaman kuno. Tapi, akibat gempa bumi, sebagian besar wilayah ini rata dengan tanah dan menyisakan puing-puing cantik yang kemudian menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Efes. Di dalam kawasan Ephesus yang sangat luas ini, terdapat teater, karena memang pada jamannya sering ada pertunjukan seni dan teater serta pertarungan para gladiator. Kemudian ada reruntuhan pasar kuno, bekas bangunan tempat pemujaan dewa, jalan-jalan kota dengan pilar-pilar megah, rumah sakit, hamam (tempat pemandian khas Turki), kuburan, dan puing-puing rumah.

DSC_0180
di tangah reruntuhan
DSC_0185
thanks to tripod

DSC_0214

DSC_0219
Teater

DSC_0207

DSC_0303

DSC_0274

Di Ephesus kami bertemu dengan kucing yang mirip sekali dengan kucing kampung Indonesia. Suami saya sungguh excited karena selama di Eropa jarang banget ketemu kucing. Selain suami saya, beberapa anak bule juga terlihat gembira melihat dan menyaksikan kucing-kucing yang sedang termenung. hehe.

DSC_0194
lagi bobo ciang
DSC_0239
ketika kucing jadi arteeees
DSC_0242
towel-towel kucing

Kunjungan ke Ephesus waktu itu sangat terasa panas sekali. Beberapa orang memakai kacamata dan topi lebar. Apalagi di sana adalah area terbuka yang tidak ada tempat berteduh jadi panas-panasan deh. Tapi tetap saja berkunjung ke Ephesus sebaiknya dilaksanakan pada musim panas atau semi. Karena kalau musim dingin atau musim salju, udara terasa sangat dingin dan tidak ada area berteduh jika terjadi hujan maupun salju.

DSC_0344

DSC_0350

Mungkin sekitar 2 jam kami berjalan-jalan keliling wilayah Ephesus, kami pun pulang menggunakan mobil van yang tadi juga mengantar kami kesini. oh ya, tiket yang kita beli sewaktu mau berangkat tadi sudah termasuk PP, jadi tidak perlu beli lagi. hehe.

DSC_0324
Pendekar Ephesus
DSC_0366
pendekar lagi bertapa (?)
DSC_0378
pohon-pohon rindang sekitaran Ephesus

Setelah itu, kami pun langsung mencari makan dan pulang ke penginapan. Udara sangat panas sekali sehingga kita memutuskan akan keluar lagi agak sorean, yaitu setelah ashar. Kami cuma berkeliling-keliling di kota Selcuk yang dekat dengan penginapan, mendatang masjid, dan mencari makan.

DSC_0469

IMG_6295.JPG
Di dalam masjid

Menjelang magrib kami pun sudah sampai kembali di hotel. Ngemil-ngemil sambil bercerita dan kemudian tidur pada pukul 10 malam. Bersiap untuk keesokan harinya, karena kami akan melanjutkan perjalanan ke Pamukkale. Yeay! Bersemangat!

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s